Wednesday, April 27, 2016

Kawaii Bentou

Di TK nya Fahira (Shiraume Yochien), setiap hari Kamis-Jumat, bekalnya adalah bento mama, yang menunya tidak ditentukan oleh Sekolah, (seperti bahasan sebelumnya tentang bentou TK) tetapi full kreasi ibu di rumah. Para mama diharap membuat bento yang lucu sehingga anak-anak semangat untuk menghabiskan. Tentu saja jumlah kalori diupaya kan sama dengan bento senin-rabu, yaitu sekitar 430-450 kcal.

Hari-hari pertama nenchu-san (kelas tengah) boleh di bilang bento nya fahira sangat biasa, hanya nasi dengan lauk, sayur dan buah tanpa hiasan kalaupun dihias, minimalis. Hingga suatu hari sepulang sekolah, Fahira berkata
F : "ummi, bento teman-teman kawaii semua, ada robot, ada hello kitty, ada panda dan lain-lain".
U : "Gleg, sebegitunya nak T_T".
F : "iyaa, besok bento hello kitty ya"
U : #$@#$@$

Baiklah, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.
 "Mari kita belajar kawaii bento!" tekad saya dalam hati.

Pertualangan-pun dimulai, dengan modal buku-buku pinjaman/hibahan, juga beberapa alat bento sederhana yang didapat di Daisho (hyakuen shop), berbagai tema kawaii bento pun dicoba. Walau masih jauh dari contoh di buku, tapi hasilnya lumayan, Fahira selalu menghabiskan bekal nya, termasuk tomat mini, salada dan berbagai sayur yang sebelumnya tak disentuh. Alhamdulillah, saya pun semakin semangat. Dan karena anak saya perempuan, tentu saja tema yang dipilih pun bernuansa kawaii, khas perempuan. :).

Berikut beberapa hasil yang sempat di dokumentasikan. 

Tema : Jamur Lucu



muka si-jamur terbuat dari keju slice, topi jamur dari kani (kepiting olahan), mata, mulut dan hidung dari nori yang dibentuk.

Tema : Kebun Bunga



Tema bento ini tidak memerlukan tekhnik khusus, hanya membulatkan kecil nasi dengan plastik wrap. Kemudian disusun. Untuk mendapatkan nasi berwarna pink, saya tambahkan saus tomat, dan warna kuning saat menu rumah hari itu nasi kuning :).
Lebah kuning di gambar kedua, dari telur puyuh rebus yang direndam bubuk kunyit selama 15-20 menit.



KARAKTER
Tema bento berkarakter boleh dibilang yang agak sedikit lebih repot, karena harus dibentuk dan butuh potongan nori yang kecil-kecil, terutama Hello Kitty yang punya banyak kumis :D.

Hello kitty



gambar 1 : Muka Hello Kitty dari keju slice, pita dari kani/kepiting olahan. Mata, hidung dan kumis dari nori.
Untuk muka, dibuat sketsa dahulu di kertas roti kemudian digunting. Letakkan sketsa kertas di atas keju slice. Dengan bantuan tusuk gigi, potong keju mengikuti sketsa. Biasanya sketsa-sketsa kertas roti ini tidak saya buang, tapi disimpan untuk bento selanjutnya.
gambar 2 : hiasan bunga dari wortel yang di bentuk dan keju slice

Doraemon



Mata doraemon dari lobak putih/daikong rebus

Elmo


Muka berwarna merah didapat dari nasi yang dicampur dengan saus tomat, kemudian dibentuk bulat dan dipipihkan, kemudian hias muka sesuai karakter elmo, dengan keju, wortel dan nori.

Si Rambut Merah ;P



Rambut dari tumisan daging cincang, rada berantakan sebenarnya >_<

Sanrio cs


Gulungan roti tawar  dengan hiasan keju karakter dibungkus plastik wrap :). karakter keju dibuat dengan cara yang sama untuk muka Hello Kitty diatas (menggunakan sketsa kertas roti terlebih dahulu)

Selamat mencoba, gampang dan sederhana bukan? :)

No comments:

Post a Comment